Minggu, 04 November 2012

Usia Muda Beresiko Terkena Serangan Jantung?




KENAPA BISA??
Penyakit jantung kini tak lagi terjadi hanya kepada orang tua yang lanjut usia saja, tetapi juga kepada orang yang berusia muda. Serangan jantung biasanya terjadi mendadak, penyebabnya pun bervariasi.

Penyebab utama yang sering terdeteksi biasanya adalah terhambatnya suplai darah ke otot-otot jantung, karena pembuluh darah yang mengalir tersumbat oleh lemak dan kolesterol, atau pun zat-zat kimia dari penggunaan obat yang berlebihan. Bagaimana mendeteksi penyakit jantung dan pencegahannya? Berikut tips dari Heath Me Up agar jantung Anda selalu sehat.

- Faktor Risiko Masalah Jantung Pada Usia Muda
Salah satu faktor yang menyebabkan masalah jantung di usia muda adalah riwayat keluarga yang memiliki kadar kolesterol tinggi atau disebut familial hyper-cholesterolemia. Kadar kolesterol tinggi terjadi akibat kurangnya berolahraga dan melakukan aktivitas fisik yang membuat tubuh mengeluarkan keringat.
Sering mengonsumsi makanan cepat saji (fast food) juga dapat berkontribusi terhadap perkembangan penyakit jantung di usia muda.

Jika Anda suka merokok, berhentilah mulai sekarang. Sebab merokok dapat merusak lapisan arteri dengan menimbun bahan lemak (ateroma) yang mempersempit arteri. Selain itu, stres juga dapat membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung. Ketika Anda stres, beberapa bahan kimia dalam tubuh menyebabkan tekanan darah melonjak, yang berakibat buruk bagi jantung.

- Indikator Masalah Jantung Pada Usia Muda
Jika Anda menemukan gejala seperti nyeri dada, gangguan pencernaan, mulas, detak jantung yang tidak teratur, selalu berkeringat, sesak nafas atau merasa adanya ketidaknyamanan pada bagian tubuh tertentu, jangan diabaikan. Segeralah periksakan diri ke dokter, untuk mencegah masalah jantung di kemudian hari.

- Pencegahan Penyakit Jantung
Masalah jantung pada usia muda harus segera ditindaklanjuti, agar tidak menjadi masalah besar di kemudian hari. Lakukanlah screening secara rutin untuk mendeteksi kesehatan jantung. Screening awal juga dapat membantu untuk mengontrol gula darah, kolesterol, dan tekanan darah Anda.

Untuk meminimalisir risiko terserang penyakit jantung, berolahragalah dengan teratur, berhentilah merokok, dan jauhi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji dan alkohol.


Kesimpulan : 
Penyakit yang datang kepada kita sangat besar kemungkinannya adalah akibat dari apa yang kita makan setiap hari dan disaring oleh tubuh kita, seiring berjalannya waktu dan zaman yang semakin canggih dan modern lifestyle, semakin banyak penyakit aneh yang ditimbulkan. Hal ini dikarenakan perubahan gaya hidup tersebut. sehingga dibutuhkan kesadaran dan peran orang tua dalam menjaga asumsi makanan bagi anak2 mereka dari kecil. 

This page inspirate from http://adf.ly/EMmsJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar